Koster-Ace Jika Terpilih Akan Prioritaskan Bedah Rumah di Karangasem

Karangasem, Cahaya Bali – Masih banyaknya warga di wilayah Kabupaten Karangasem yang belum memiliki tempat tinggal layak menjadi perhatian serius Pasangan Calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur nomer urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Arta Ardana Sukawati (Koster-Ace).

Setelah terpilih, Koster-Ace akan membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan melalui program bedah rumah dengan nilai Rp 50 juta per unit rumah.

“Nanti untuk program bedah rumah, titiang akan prioritaskan Kabupaten Karangasem. Karena masih banyak warga Karangasem yang belum memiliki tempat tinggal yang layak,” ujar Koster di Bale Banjar Buayang, Desa Culik, Kecamatan Abang, Karangasem, Minggu, 15 April 2018.

Menurut Koster program bedah rumah yang akan dilakukan nanti ada pembaharuan dari program sejenis yang pernah dilakukan oleh Gubernur Made Mangku Pastika.

“Ini program titipan dari Pak Mangku kepada tiyang. Tapi nanti akan tiyang ubah sistem pengelolaannya, dan jumlah bantuannya tiyang tingkatkan dari Rp 30 juta menjadi Rp 50 juta per unit,” jelasnya.

Perubahan sistem pengelolaan yang dimaksud adalah, jika sebelumnya melalui tender nanti akan diubah menjadi sistem swakelola.

“Kalau sistem swakelola bisa dikerjakan dengan gotong royong, nanti bisa ada yang bantu pasir atau semen. Terus jumlahnya ditambah jadi Rp 50 juta sehingga dengan begitu rumahnya bisa selesai sampai diplester. Jadi akab lebih layak jadi tempat tinggal. Sebelumnya kan cuma selesai sampai ditembok saja,” jelasnya.

Sementara itu, di Banjar Tukad Abu, Desa Pakraman Batudawa Kelod, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Wayan Koster juga menggelar temu wicara yang dibalut kampanye dialogis.

Ketersediaan air bersih di Kecamatan Kubu, dari tahun ke tahun, menjadi persoalan yang belum terpecahkan. Khususnya di kecamatan Kubu, ppasokan air bersih sangat minim bahkan kurang.

“Masak terus-terusan kekurangan air bersih. Nanti begitu terpilih, saya akan langsung buatkan perencanaannya,” ujar Koster.

Perencanaan yang dimaksud Koster yakni terkait master plan kebutuhan air bersih untuk masyarakat, industri dan jasa.

“Di Karangasem akan dipetakan sumber airnya di mana saja ketersediaannya. Akan diprogramkan pengadaan air bersih secara khusus di Kubu agar persoalan ini tak lagi timbul di kemudian hari,” paparnya.

Di akhir kampanye dialogis di kecamatan Kubu, warga menyatakan kebulatan tekad mendukung, memenangkan dan memilih Wayan Koster – Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) pada Pemilihan Gubernur Bali 27 Juni 2018. (tim)

Berita Terkait

Beri Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close