Facebook dan Twitter Diduga Dapat Suntikan Dana dari Rusia

Jakarta – Dokumen Paradise Paper menyebutkan bahwa Facebook dan Twitter mendapatkan dana investasi dari dua institusi Rusia. Dua institusi ini adalah milik Yuri Milner, tokoh terkemuka di Rusia bidang teknologi. Ia diketahui memiliki keterkaitan dengan Vladimir Putin.

Milner sendiri merupakan rekan bisnis Jared Kushner. Ia menjadi salah satu pemegang saham di perusahaan yang juga ikut dimiliki oleh Jared Kushner. Jared Kushner adalah menantu pria Presiden AS, Trump.

Paradise Papers menyebutkan bahwa Facebook dan Twitter mendapatkan suntikan dana dari VTB Bank dan Gazprom. VTB Bank adalah bank yang dikontrol oleh pemerintah Rusia. Sementara perusahaan lainnya adalah perpanjangan tangan finansial dari Gazprom, perusahaan minyak dan gas perusahaan.

Facebook Tv yang bakal menyaingi Youtube bakal segera hadir.

Facebook dan Twitter sendiri tak mengetahui kalau investasi yang mereka terima ada kaitannya dengan pemerintah Rusia. VTB melakukan investasi terhadap Twitter sebesar US$ 191 M. Sementara Gazprom Investholding mengucurkan investasi sebesar US$78 juta ke Facebook.

Milner sendiri membantah bahwa dirinya merupakan kolega Kushner. Dia bersikeras bahwa dirinya hanya berinvestasi dalam perusahaan Kushner untuk urusan bisnis, dan menolak bahwa dia dan Kushner merupakan rekan dekat. “Saya tidak ikut dalam aktivitas politik apapun. Saya tidak mendanai
kegiatan politik apapun,” tegas Milner.

Juru bicara Facebook, Vanessa Chan menyebutkan bahwa investasi dari Gazprom sudah dijual lima tahun lalu saat Facebook menjadi melepas saham ke publik. Ia juga menolak menyebut Facebook tidak cermat terhadap para investornya.

Sementara juru bicara Twitter menyatakan, “sudah menjadi kebijakan Twitter untuk melakukan tinjauan terhadap semua investor di masa sebelum (Twitter) melakukan IPO,” demikian diberitakan The Guardian.(Ade)

Tags

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close