PDIP Pilih Gus Ipul-Azwar Anas Jadi Cagub-Cawagub Jatim 2018

Megawati sengaja mengambil tokoh yang lebih muda

Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas diusung sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilgub Jatim 2018. (Foto: Dok. Detikcom)

Jakarta – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan calon Gubernur Jawa Timur yang akan diusung partai tersebut pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Untuk Provinsi Jawa Timur, PDIP mengusung pasangan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Gus Ipul sendiri saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Sementara, Azwar menjabat sebagai Bupati Banyuwangi. “Ini dia pasangan merah putih untuk Indonesia,” terang Megawati saat mempersilakan keduanya naik ke podium di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, Megawati menyebutkan kalau Gus Ipul sempat menjabat sebagai Ketua GP Ansor dan menjadi Menteri Percepatan Daerah Tertinggal. Saifullah juga disebutkan pernah mendapat 31 penghargaan transportasi publik.

Sementara untuk pasangan calon wakil gubernur, Megawati sengaja mengambil tokoh yang lebih muda. “Ini sering dibilang anak millenial,” tuturnya sebelum menyebutkan nama calon.
Azwar sebelumnya sempat menjadi anggota DPR termuda di usia 24 tahun. Selama menjabat sebagati Bupati Banyuwangi, Megawati menyebutkan kalau pria ini benar-benar menjalankan prinsip Trisakti Bung Karno.

“Dulu saya bolak-balik Banyuwangi gitu-gitu saja tidak ada kemajuan. Sekarang sudah ada enam flight kesana,” tuturnya. Pada saat terjadi bencana Gunung Agung yang batuk-batuk di Bali, bandara Banyuwangi juga berhasil menjadi salah satu alternatif evakuasi penerbangan.

BACA JUGA :

Sebelumnya, PDIP membidik dua nama yang santer disebut-sebut di internal partai berlambang Banteng itu untuk dicalonkan, yaitu Tri Rismaharini yang kini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dan Syaifullah Yusuf yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur.

Megawati sejak Sabtu (14/10) memanggil sejumlah tokoh ke kediamannya di Jl. Teuku Umar, Jakarta Pusat. Pemanggilan sejumlah tokoh ini diduga berkaitan dengan pencalongan Gubernur Jawa Timur oleh partai berlambang kepala banteng bermoncong putih tersebut. Hal ini seperti disampaikan Sekjen PDI-P Hasto Kristianto.

Sejumlah tokoh yang dipanggil ke kediaman Ketua Umum PDIP itu diantaranya Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, Bupati Trenggalek Emil Dardak, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi, Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang ditemui lewat telekonferensi.

Tags

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close