Golkar dan PDIP Sepakat Berkoalisi di Pilgub Jabar

Nota kesepahaman akan ditulis secara resmi dan diserahkan kepada DPP masing-masing

Jakarta – Partai Golkar Jabar dan PDI Perjuangan Jawa Barat sepakat berkoalisi dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018. Kedua partai membentuk Koalisi Pancasila setelah para petinggi kedua partai di tingkat Jabar mengadakan pertemuan di Kantor DPD PDIP Jabar, Bandung, Jumat (13/10).

Golkar dan PDIP Jabar akan segera segera menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman untuk menindaklanjuti kesepakatan koalisi di Pilgub Jabar 2018.

Untuk memantapkan arah koalisi, keduanya juga akan menemui DPP masing-masing terlebih dahulu. Selanjutnya nota kesepahaman akan ditulis secara resmi dan diserahkan kepada DPP masing-masing.

Ketua DPD PDIP Jabar Tubagus Hasanudin mengatakan, ada dua kesepakatan dari pertemuan dengan DPD Golkar, yaitu koalisi pada Pilgub dan Pilkada serentak 16 kota/kabupaten di Jabar.

“Kami sepakat dan sungguh-sungguh, ikhlas bekerja sama atau berkoalisi dengan Golkar. Pada minggu depan kami akan lapor ke DPP dan biarkanlah DPP bicara lebih lanjut soal siapa nomor 1 dan 2,” kata Tubagus dalam keterangan tertulisnya.

Selain Golkar dan PDIP, Koalisi Pancasila juga akan diperkuat dengan bergabungnya Hanura. Walaupun dalam pertemuan tersebut tidak ada perwakilan dari DPD Hanura Jabar, namun Sekjen DPD PDIP Jabar Andy Yuhana memastikan Hanura bergabung dengan Koalisi Pancasila.

Ketua DPD Golkar Jabar, Dedi Mulyadi menambahkan, kesepakatan koalisi ini bukan semata-mata karena kebutuhan politik jelang Pilgub Jabar 2018. Dedi menilai, yang tidak kalah penting adalah adanya kesamaan ideologi antara kedua partai dan kedua partai sepakat untuk mempertahankan Jabar sebagai provinsi yang beragam, baik dari sisi sumber daya manusia dan sumber daya alamnya.

BACA JUGA

“Jadi ukurannya bukan politik semata. Kita membangun koalisi ideologis. Kita tidak ingin sebuah koalisi ini hanya sekedar simbol, tapi harus substantif demi kesejahteraan rakyat Jawa Barat. Makanya kita beri nama Koalisi Pancasila,” ujar Dedi.

Bupati Purwakarta yang digadang-gadang akan maju di Pilgub Jabar itu mengatakan, dirinya juga telah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh DPP Golkar untuk mencari mitra koalisi pada Pilgub Jabar.

“Dalam rapat pleno 8 Oktober sudah memutuskan dan memerintahkan DPD Golkar untuk membangun mitra koalisi dan ini sudah terwujud dan tugas saya sudah selesai.” pungkasnya.

Tags

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close