Pasiter Kodim 1616/Gianyar Menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan PMK



Gianyar - Bertempat Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar Pasiter Kodim 1616/Gianyar menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar. Rabu (6/7/2022).


Rapat koordinasi Kesiapsiagaan PMK dihadiri oleh Sekda Kab. Gianyar, Ir. I Made Gede Wisnu Wijaya, MM., Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar, Drh. Pt Lisa Gita, Kabang Ops Polres Gianyar, AKBP Wyn Latra, Pasiter Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf. Hengky Histoveri, Kadis Pertanian Kab. Gianyar, Ir. I Made Raka, Kepala BPBD Kab. Gianyar, Sdr. Ida Bagus Suamba, Kasi Sapras Dishub Gianyar, Kades Desa Temesi, Sdr. Ketut Bona Yoga, Kades Desa Pering, Para Staf UPTD Puskeswan se Kab. Gianyar dan undangan lainnya sekitar 30 orang.


Sekda Kabupaten Gianyar  Ir. I Made Gede Wisnu Wijaya, MM., menyampaikan bahwa PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) merupakan pandemi terhadap hewan, perlu diatensi dimana pandemi PMK ini sangat berdampak dengan perekonomian serta kegiatan G20 nantinya, rapat ini merupakan tindak lanjut pada tanggal 4 Juli di Provinsi, diharapkan ada tindakan preventif serta perlu ada pengetatan yang serius dan segera mungkin penanganannya. 


Rencananya akan membentuk Satgas Kabupaten, saya selaku Ketua Satgas, Wakil Ketua Kapolres dan Bapak Dandim serta tim yang lain siap sebagai tim Vaksin maupun Surpailen, dimana kegiatan ini perlu adakan diskusi kedepan apa dan berbuat apa yang akan kita lakukan.


Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar, Ir. I Made Raka, menyampaikan Gianyar yang mampu melakukan pepotongan bersyarat sehingga dagingnya bisa dibeli oleh konsumen, namun rekan - rekan sudah melakukan pemantauan di pemotongan hewan disini tempat pemotongan di Desa Temesi mudah - mudahan di derah lain tidak ada yang muncul, rencana hari ini akan ngambil vaksin sehingga besok bisa akan diadakan Vaksinasi.


Kabang Ops Polres Gianyar AKBP, Wayan Latra intinya mari kita eksen bersama dilapangan terkait PMK ini dan Gianyar merupakan menjadi barometer dimana permasalahan sedikit akan mencuat sampai Nasional, kita sudah belajar dari Pandemi Covid 19 kemaren.


Polres, siap membantu kapan kita mulai bergerak cari satu tempat untuk mencari gambar dan pelaporan. selanjutnya dilakukan penyuntikan maupun penyemptoran dibeberapa titik, sehingga langkah berikutnya menjadi lebih semangat.


Pasiter Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf Hengky Histoveri menyatakan  siap bersinergi dalam menangani PMK dan kami sudah membuat Satgas di Kodim, dimana di masing - masing kecamatan dan satgas ini bertugas mengecek ke lokasi/mengecek terhadap para peternak berkaki empat, perlu diketahui Pandemi penyakit PMK ini.


Kepala BPBD Kabupaten Gianyar, Sdr. Ida Bagus Suamba, SK ini sebagai dasar eksen dilapangan perlu diketahui penanganan PMK ini tidak serumit Pandemi Covid 19 serta kedahsyatan PMK tidak sedahsyat Covid 19/Virus ini tidak berbahaya bagi manusia sehingga kita fokus terhadap hewan berkaki empat, nanti kita adakan penyuntikan dan penyemprotan ke lokasi  sehingga Pandemi PMK bisa cepat teratasi.


Dilanjutkan penyerahan Vaksin, sarung tangan, Spait + jarum suntik dari Sekda Gianyar kepada Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar.


Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) secara umum dapat dilaksanakan dengan lancar dan aman serta tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19.  ***

Cahaya Bali Grup

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Pasiter Kodim 1616/Gianyar Menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan PMK

Posting Komentar

0 Komentar