Kapolres Karangasem Dampingi Bupati Dan Dandim 1623/Karangasem Panen Sorgum

 



Karangasem,  bertempat dilahan milik I Nengah Gerya Dusun Selalang Desa Seraya Barat Kec/Kab. Karangasem, dilaksanakan kegiatan panen  Sorgum oleh Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd.,M.Si. didampingi Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf. Sutikno, S.M. bersama Kapolres Karangasem AKBP Ricko A.A Taruna, S.H.,S.I.K.,M.H.,M.M.


Panen  sorgum dilahan seluas 30 Are, sebagai demplot dalam rangka ketahanan pangan Kodim 1623/Karangasem, untuk mendukung program Kodam IX/Udayana dalam bidang pembinaan ketahanan pangan.


Turut hadir giat Panen  Bupati Karangasem, I Gede Dana, S.Pd.,M.Si., Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf. Sutikno, S.M., Kapolres Karangasem AKBP Ricko A.A Taruna, S.H.,S.I.K.,M.H.,M.M., Kadis Pertanian, Ir. I Wayan Supandhi, M.Si., Camat Karangasem, Ida Nyoman Astawa, S.,STP., Danramil 1623-01/Karangasem Kapten CPL I Gst Made Darsana, beseta Anggota, Pasi Terdim 1623/Karangasem Kapten Inf. Arif Budi Santoso beserta Anggota Sataf ter, Dinas Pertanian, Ir Komang Cenik bersama Jajaran, Perbekel Desa Seraya Barat, I Wayan Patra Suarsa, Kordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan, Nym Sudiarsana, Ketua Kelompok Tani Karma Seraya, I Wayan Widodo Jantriada, Baja Tani, Ketut Semadiasa, Ketua Kelompok Tani Karma Seraya I Wayan Widodo Jantria ada, PPL Desa Seraya Barat, I Made Samudra, Pemilik lahan,  I Wayan Geria, Babinsa dan Bhabinkamtinmas Desa Seraya Barat, Perwakilan Banjar Adat Selalang.


Pelaksanaan panen Sorgum di mulai dilaksanakan oleh Bupati Karangasem bersama Dandim dan Kapolres Karangasem dan di dampingi oleh Baja Tani beserta masyarakat.


Penyampaian Bupati Karangasem bahwa tanaman Sorgum sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai pengganti nasi yang mana di tanam sangat cocok di tanam di wilayah Abang, Kubu dan Seraya, Penanaman di tiga wilayah ini memiliki lahan yang sangat luas dan sangat cocok di tanami tanaman sorgum tentu kedepan sangat menunjang ketahanan pangan masyarakat setempat


Manfaat sorgum sebagai pengganti nasi sangat bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi, dan sorgum juga bisa sebagai pakan hewan atau ternak peliharaan kita dari batang dan daun.


Sorgum sebagai salah satu komoditas pangan lokal yang strategis dan sangat dibutuhkan sebagai pengganti beras, Sorgum juga ternyata memiliki nilai ekonomis mulai dari biji sampai batangnya bernilai tinggi dan sangat bermanfaat.


Diharapkan masyarakat mulai bisa ikut menanam Sorgum ini untuk ketahanan pangan di masa - masa sulit dan krisis ekonomi.


Penyampaian Dandim 1623/Karangasem bahwa Kodim dalam melaksanakan ketahanan pangan saat ini di pusatkan di Seraya Barat kedepannya mengajak masyarakat untuk menanam tanaman Sorgum sebagai pengganti nasi atau beras dalam ketahanan pangan pemerintah di masa masa krisis, karena sorgum sangat bernilai dan bagus untuk kesehatan. 


Penanaman seluas 30 Are sebagai ketahanan pangan kodim 1623/Karangasem ini berharap bisa berlanjut agar bisa membantu perekonomian pemerintah khususnya dibidang pangan dan keberlangsungan petani untuk menanam sorgum karena dari segi perawatan lebih mudah, dan tanaman sorgum lebih tahan terhadap kondisi tanah kering dan  proses perawatan sorgum lebih mudah.


Panen sorgum sebagai program unggulan ketahanan pangan Kodim 1623/Karangasem untuk mendukung program Kodam IX/Udayana dalam bidang pembinaan ketahanan pangan, khususnya di wilayah Seraya Karangasem


Apresiasi dan dukungan sepenuhnya dari pemilik lahan dan masyarakat petani yang digunakan untuk Demplot sorgum di wilayah Seraya serta merupakan lahan yang cocok untuk sorgum karena hasil yang bermanfaat


Disela-sela kegiatan Kapolres Karangasem menyampaikan "Melalui Panen sorgum, diharapkan ketersedian pangan dan pakan yang murah dan berkualitas dapat terpenuhi di wilayah Karangasem terutama daerah/lahan kering.


Publis : Humas Polres Karangasem.

Cahaya Bali Grup

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Kapolres Karangasem Dampingi Bupati Dan Dandim 1623/Karangasem Panen Sorgum

Posting Komentar

0 Komentar