Kapolres Bangli dan Dandim 1626 Bangli pantau Kegiatan Vaksin PMK di Wilayah Kecamatan Susut

 


Bangli, Untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya penyebaran virus PMK ke tempat lain serta menambah daya tahan tubuh sapi terhadap virus PMK. 

Pada hari Kamis tanggal 7 Juli 2022 pukul 08.23  bertempat di wilayah Desa Demulih telah dilaksanakan Vaksinasi PMK oleh Vaksinator dari Dinas PKP Kab. Bangli yang ditinjau langsung oleh Dandim 1626/Bangli dan Kapolres Bangli.


Kapolres Bangli Akbp I Dewa Agung Roy Marantika, SH, S.I.K bersama Dandim 1626 Bangli Letkol Arh Sutrisno, S.Sos mengatakan, " Hadir dalam kegiatan vaksinasi PMK di Desa Demulih Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli Kasdim 1626/Bangli MAYOR INF HENDRA GUNAWAN, Wakapolres KOMPOL I WAYAN SUKA, S.Sos., M.S, Kadis PKP Ir. I MADE ALIT PARWATA, M.Si, Kepala BPBD dan Damkar Drs I WAYAN WARDANA, Kabag Ops Polres Bangli KOMPOL I KETUT MARET, S.H, Pasiter 1626/Bangli KAPTEN INF DEWA GEDE YUDAWAN, Pasiops 1626/Bangli KAPTEN CHB I KOMANG GITA, Kasat Bimas Polres Bangli AKP I KETUT PURNAWAN, S.H.,M.H, Kapolsek Susut, Danramil 1626/Susut, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Perbekel, Kadus dan PPL Desa Demulih, Dinas terkait dan Vaksinator berjumlah 30 orang, "ucap Kapolres Bangli.


Kegiatan hari ini menindaklanjuti Kasus PMK yang terjadi di wilayah Kab. Bangli untuk melaksanakan vaksinasi. Pemkab Bangli sudah membentuk Satgas penanggulan PMK dimana sebagai Ketua Satgas yaitu Bapak Sekda Bangli dengan Wakil Ketua Dandim dan Kapolres Bangli dan anggota dari Instansi terkait.


Petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi disampaikan Drh. MANA dari 10 Tim yang disiapkan dan  tiap tim terdiri dari 3 orang dibagi 2 kelompok, Pok 1 yang terdiri dari 5 tim melaksanakan vaksinasi di Desa Demulih Kec. Susut dan Pok 2 terdiri dari 5 Tim melaksanakan vaksinasi di Desa Buahan Kec. Kintamani, Bangli Pelaksanaan vaksin dilaksanakan dari wilayah/Banjar terpapar  kasus PMK, untuk Jarum suntik boleh digunakan satu jarum untuk 1 kandang dan diganti apabila pelaksanaan vaksin pindah ke kandang lain. Ternak yang bisa divaksin minimal sudah berumur 2 minggu dan untuk yang bunting bisa di vaksin sedangkan ternak yang sakit tidak diberikan vaksin.


Untuk pelaksanaan dilapangan disampaikan  sinergitas seluruh instansi sehingga penanganan kasus PMK di Kabupaten Bangli bisa dilaksanakan dengan baik. Untuk pelaksanaan hari ini pada kelompok tani Simantri di Desa  Demulih di vaksin sebanyak 18 ekor hewan ternak/sapi, untuk penanganannya dilaksanakan Vaksinasi paling lambat 3 hari sudah selesai di wilayah terjangkit kasus PMK, untuk pencegahan dilaksanakan penyemprotan disinfektan di tiap-tiap kandang dan menghimbau para peternak untuk mengurangi mobilitas hewan ternaknya dan membatasi peternak untuk memasuki kandang, penutupan sementara aktifitas pasar hewan. Vaksinasi PMK dilaksanakan oleh Vaksinator dari Dinas PKP Kab. Bangli, Vaksin yang digunakan jenis Aftopor dimana 1 botol  neto 200 ml untuk 100 ekor sapi dengan dosis 2 ml/ekor. Sesuai dengan instruksi dari Sekda Provibsi Bali kepada Sekda masing-masing Kabupaten akan  didukung dengan APD, cairan disinfektan dan peralatan, "tutupnya

Cahaya Bali Grup

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Kapolres Bangli dan Dandim 1626 Bangli pantau Kegiatan Vaksin PMK di Wilayah Kecamatan Susut

Posting Komentar

0 Komentar