Jelang KTT G20, Athan Kedubes Cina Percayakan Pengamanan VVIP Kepada Kodam IX/Udayana




Denpasar – Kasdam IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., menerima kunjungan kehormatan Atase Pertahanan Kedutaan Besar Cina (Defence Attache Chinese Embassy in Indonesia) Senior Colonel Chen Yongjin, di Ruang Tamu Kasdam, Makodam IX/Udayana, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Senin (4/7/2022).


Kunjungan kehormatan tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi dalam rangka pengamanan VVIP khususnya kepada Presiden Cina bersama delegasinya yang akan menghadiri kegiatan KTT G20 di Provinsi Bali pada November mendatang.


Mengawali sambutannya, Kasdam mengucapkan selamat datang kepada Mr. Chen Yongjin beserta rombongan, seraya memperkenalkan para pejabat staf Kodam IX/Udayana yang mendampinginya, serta berharap kunjungan ini dapat mempererat hubungan bilateral kedua negara.


Kasdam menjelaskan bahwa Kodam IX/Udayana memiliki tugas pokok melaksanakan operasi untuk mengamankan dan mempertahankan kedaulatan serta keutuhan NKRI, khususnya di wilayah daratan yang ada di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.


"Secara umum, keamanan di wilayah Bali sangatlah kondusif. Namun, Kodam IX/Udayana akan bekerja secara maksimal dalam mendukung kegiatan KTT G20 yang dilaksanakan di Bali, sebab ini merupakan pertaruhan harga diri Bangsa Indonesia, khususnya Kodam IX/Udayana dalam mensukseskan even internasional tersebut," ujar Kasdam.


Terkait peran serta Kodam IX/Udayana dalam KTT G20 yang akan dihadiri oleh 39 Kepala Negara, Kasdam mengungkapkan bahwa Kodam IX/Udayana mempunyai tugas pokok dalam pengamanan VVIP. Pangdam selaku Dansatgas Pengamanan VVIP dan Kasdam selaku Dansatgas Evakuasi, dalam pelaksanaannya akan selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Polda Bali.


"Kodam IX/Udayana akan terus melaksanakan gladi kesiapan pengamanan KTT G20. Begitupun seandainya terjadi bencana, maka kami juga sudah menyiapkan satuan tugas evakuasinya. Oleh karena itu, kami akan tetap berkoordinasi dengan Atase Pertahanan Kedutaan Besar Cina dalam menjaga keamanan dan kelancaran KTT G20," demikian pungkas Kasdam.


Sementara itu, Atase Pertahanan Kedutaan Besar Cina mengucapkan terima kasih dan kehormatannya kepada Kasdam IX/Udayana beserta staf atas sambutan yang diberikan. Pihaknya sangat mengapresiasi tentang hubungan kerja sama bilateral Indonesia dan Cina, khususnya dalam pengamanan KTT G 20.


"Kami sangat berharap dukungan dan kerjasama dari Kodam IX/Udayana dan sangat percaya kepada Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan pengamanan G20. Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih atas masukan dan gambaran terkait kesiapan pengamanan dalam kegiatan KTT G20 yang akan dilaksanakan di Bali nanti," tutur Senior Colonel Chen Yongjin.


Kunjungan kehormatan yang diakhiri dengan penyerahan cenderamata dan sesi foto bersama tersebut dihadiri juga oleh Asintel Kasdam IX/Udy, Asops Kasdam IX/Udayana, Vice Consul General in Denpasar Mr. Mey Yuncai, Third Secretary Chinese Embassy in Indonesia Mr. Ghao Zhan dan Interpreter Chinese Consulate Mr. Li Changda. (Pendam IX/Udy)

Cahaya Bali Grup

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Jelang KTT G20, Athan Kedubes Cina Percayakan Pengamanan VVIP Kepada Kodam IX/Udayana

Posting Komentar

0 Komentar