Mendukung Pelestarian Budaya, Polresta Denpasar Gelar Lomba Utsawa Dharma Gita




Denpasar, Polresta Denpasar menyelenggaraka lomba Utsawa Dharma Gita Kapolresta Denpasar Cup 2022 dengan kategori peserta umur 6-11 tahun yang di ikuti perwakilan Polsek jajaran Polresta Denpasar. Senin (27/6/22)


Sebelumnya masing-masing Polsek setelah melaksanakan seleksi peserta dari tanggal 11 s/d 20 Juni 2022 dan diperoleh enam peserta terbaik yang mengikuti Final Lomba.


Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas dalam sambutanya dihadapan peserta lomba,undangan dan para Juri mengatakan ini pertama kalinya Polresta melaksanakan lomba Utsawa Dharma Gita dimana dengan kegiatan ini Kapolresta berharap untuk pelestarian dan pengembangan dharmagita sebagai kearifan lokal budaya Bali dalam mempelajari Dharma agama selain itu untuk menumbuhkan rasa kecintaan pada seni sastra.


“Tujuan lomba untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak dalam menumbuhkan rasa kecintaan pada seni sastra khususnya tembang Geguritan yang menjadi salah satu warisan budaya yang adiluhung dan juga menanamkan Keimanan kepada generasi muda kita,” Ucap Kapolresta Denpasar.


Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan apresiasi prestasi seni dikalangan anak-anak serta menunjukan dinamisme keagamaan budaya Bali tanpa menghilangkan budaya yang lain.


Lomba ini dirangkaikan dengan hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022 dimana tahun ini mengambil tema Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi Struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh Indonesia tumbuh, untuk itu Polresta mengejar Polri yang Presisi dengan Dados Bhayangkara sane Mawiguna.


“Menjadi Polri yang presisi mustahil terwujud tanpa adanya keimanan dan saya harapkan adik-adik peserta selaku penerus bangsa yang mencintai Budaya dan bisa mengharumkan Bangsa Indonesia dengan memberikan yang terbaik,’’Tutur Kapolresta.


Turut hadir dalam final lomba kali ini Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Drs. Raka Purwantara, M.A.P, dari Mda Kota yang diwakili Petengen Mda Kota Denpasar sedangkan dewan juri dari Dinas kebudayaan yaitu Dra. Ni wayan Karti,MPilha dan Made Langgeng, S.Ag., MPilha. Serta seluruh pejabat utama Polresta.


Adapun enam peserta terbaik dari masing-masing Polsek yang berlomba dengan Jenis lomba Macepat perpasangan membawakan materi wajib yaitu Pupuh Ginanti dan materi pilihan yaitu Pupuh Kumambang dan Pupuh Pucung.


Setelah semua para peserta tampil dengan memukau dihadapan dewan juri dan juga personel Polresta diperoleh Juara pertama Pasangan I Gusti Ngurah Gede Athisa Mahesa Soma dan Gede Aditya Pratama perwakilan Polsek Denpasar Timur dengan Nilai 3.288, Juara kedua pasangan AA Kt Putra Ary Sedana dan AA Made Angga Pradipta perwakilan Polsek Denpasar barat dengan nilai 3.279 dan juara ketiga pasangan I Kadek Bagus Angga Paramarta dan I Kadek Wira Adi Putra dengan perolehan nilai 3.277.


Sedangkan tiga pasangan lainya dinobatkan sebagao juara harapan 1,2 dan 3, untuk hadiah yang diberikan berupa piala dan juga uang pembinaan untuk juara 1 mendapatkan Rp.2,5 Juta juara kedua Rp. 2 juta dan juara ketiga Rp.1,5 Juta. Sedangkan Penampilan terfavorit dari keenam pasangan tersebut diperoleh oleh pewakilan Polsek Denpasar Barat dimana Kapolresta Denpasar yang langsung memberikan apresiasi dan penilaian sehingga piala bergilir didapatkan Polsek Denpasar Barat.  ***

Cahaya Bali Grup

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Mendukung Pelestarian Budaya, Polresta Denpasar Gelar Lomba Utsawa Dharma Gita

Posting Komentar

0 Komentar